Senin, 16 April 2012

PERANAN PERPUSTAKAAN SD N 006 TELUK BINTAN


 
               BINTAN. PULAU LADI- Sebagaimana kita ketahui, wadah atau sarana informasi berupa perpustakaan di setiap sekolah , memang sangat diperlukan untuk meningkatkan mutu sumber daya  pengetahuan bagi siswa. Bagi sekolah-sekolah yang ada di daerah terpecil  seperti SD N 006  Teluk Bintan,perpustakaan sekolah mempunyai peran  yang sangat penting dalam rangka mendorong meningkatkan minat membaca siswa  dan sekaligus membudayakannya, selain bimbingan dari para guru.
                “Dengan adanya perpustakaan sekolah ini, para siswa diharapkan akan mempunyai sikap cinta terhadap buku,” ujar Andi, pengelola perpustakaan SD tersebut. Di samping itu, melalui perpustakaan sekolah  ini pula ilmu pengetahuan mereka akan meningkat. Buku-buku yang dimiliki adalah yang  berhubungan erat dengan dunia  pendidikan, misalnya buku-buku pengayaan penunjang mata pelajaran, buku sumber referensi, ensiklopedia pendidikan, buku pengayaan fiksi, non fiksi dan keterampilan-keterampilan lain.
                Andi menerangkan, selain untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan menumbuhkan minat  membaca dalam diri siswa, perpustakaan sekolah juga sebagai penunjang pelaksanaan program pendidikan yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Oleh sebab itu, peranan dan fungsi perpustakaan memang sangatlah penting khususnya bagi sekolah-sekolah yang ada didaerah terpencil. ( Andi Gunawan.B8 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar