Kamis, 22 Maret 2012


BETERNAK AYAM KAMPUNG 

         KP.BANJAR (klmpk 4), Ayam kampung atau ayam buras 
( bukan ras) memang sudah dikenal dan telah menyatu dengan kehidupan masyarakat kita.Hasil yang diperoleh dari beternak ayam kampung ini berupa daging dan telur yang sangat bermanfaat bagi kesehatan maupun sebagai tabungan rumah tangga.Bahkan,kotorannya dapat di manfaatkan juga sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman.  

     Usaha inilah yang kini dilakukan oleh  Darman (35) warga kp.Banjar Air Raja KM 15 Tanjungpinang.Pria yang sebelumnya bekerja di pabrik  karet ini, kini lebih memilih beternak ayam kampung karena dapat  menambah penghasilan keluarga. Menurut Darman   beternak ayam kampung tidak memerlukan modal yang besar dan  mudah juga cara pemeliharaanya.” Beternak ayam kampung ini, tidak sulit.Anggap saja sebagai hobi,”ungkapnya.
         Hal ini yang membuat Darman terus mengembangkan peternakan ayamnya.Bagi Darman pemeliharaan pakan ayamnya juga tidak sulit, karena pakan ayam kampung  dapat berupa beras,dedak halus,jagung dan sisa-sisa nasi.Di samping itu,ayam kampung juga dapat dibiarkan lepas untuk mencari  pakan sendiri sebagai pakan tambahan.( Andi gunawan. B8)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar